Sabtu, 07 Januari 2012

Arti Penting Proposal Usaha


Arti Penting Proposal Usaha
1.    Pengertian dan Manfaat Proposal Usaha
Penyusunan proposal membuka usaha atau bisnis, telah menjadi media komunikasi penting bagi para wirausahawan untuk menerangkan profil usaha atau bisnis yang akan dikembangkan. Para wirausahawan harus dapat mereflesikan gambaran usaha atau proyek baru yang dikembangkannya dan sekaligus mencerminkan pribadi di dalam pembuatan proposal usahanya.
Seorang wirausahawan dalam pembuatan proposal harus orisinal dan berbeda cara penyusunannya, dan tidak sekedar menyalin proposal usaha dari orang lain. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang berupa gambar semua unsure yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru. Dengan perkataan lain, proposal usaha atau bisnis baru merupakan dokumen tertulis yang rinci mengenai usaha baru yang sedang direncanakan.
Setiap aspek dalam proposal usaha atau bisnis perlu dideskripsikan mulai dari proyek yang akan dilakukannya mulai dari pemasaran, penelitian dan pengembangan, masalah pabrik, manajemen usaha, risiko yang dihadapi, masalah financial sampai penjadwalan waktunya. Adapun deskripsi tiap-tiap aspek, penting untuk memberikan gambaran yang jelas usaha atau bisnis apa yang diajukan, dan kemana proposal usaha tersebut. Proposal usaha atau bisnis baru pada intinya teridiri atas sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar