Arti Penting Proposal Usaha
1. Pengertian dan Manfaat Proposal Usaha
Penyusunan proposal membuka usaha atau
bisnis, telah menjadi media komunikasi penting bagi para wirausahawan untuk
menerangkan profil usaha atau bisnis yang akan dikembangkan. Para wirausahawan
harus dapat mereflesikan gambaran usaha atau proyek baru yang dikembangkannya
dan sekaligus mencerminkan pribadi di dalam pembuatan proposal usahanya.
Seorang wirausahawan dalam pembuatan proposal
harus orisinal dan berbeda cara penyusunannya, dan tidak sekedar menyalin
proposal usaha dari orang lain. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang
disiapkan oleh wirausahawan yang berupa gambar semua unsure yang relevan, baik
internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru. Dengan perkataan
lain, proposal usaha atau bisnis baru merupakan dokumen tertulis yang rinci
mengenai usaha baru yang sedang direncanakan.
Setiap aspek dalam proposal usaha atau bisnis
perlu dideskripsikan mulai dari proyek yang akan dilakukannya mulai dari
pemasaran, penelitian dan pengembangan, masalah pabrik, manajemen usaha, risiko
yang dihadapi, masalah financial sampai penjadwalan waktunya. Adapun deskripsi
tiap-tiap aspek, penting untuk memberikan gambaran yang jelas usaha atau bisnis
apa yang diajukan, dan kemana proposal usaha tersebut. Proposal usaha atau
bisnis baru pada intinya teridiri atas sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa
yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut, sedangkan strategi adalah arah
tindakan untuk mencapai sasaran utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar