Sabtu, 07 Januari 2012

Keseimbangan Lingkungan


Keseimbangan Lingkungan
Sebagai gambaran tentang harmonisasi kehidupan ini missal dalam satu ekosistem kolam ikan akan dapat diamati dan tampak hubungan antar berbagai kehidupan dalam kolam.  Semua kehidupan akan saling mempertahankan kehidupannya. Hal yang sama juga terjadi pada ekosistem kehidupan di hutan, semua komponen yang hidup di hutan akan saling berusaha melestarikan kehidupannya. Apabila hutan terbakar, tentu akan terjadi kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan. Tumbuhan  terbakar, binatang yang hidup di hutan tersebut sebagian akan ikut terbakar dan sebagian yang lain mungkin dapat lari namun kehidupan di luar hutan akan terganggu. Binatang yang tak sempat keluar tentu menjadi korban dari bencana kebakaran hutan tersebut dan dalam jangka waktu yang lama akhirnya menjadi satu ekosistem baru.
Uraian tersebut menggambarkan bahwa apa yang terkandung dalam satu satuan kehidupan ini selalu berinteraksi yang kesemua ini akan menuju pada upaya mempertahankan kelestariannya.
Sekarang apabila ditinjau dari cara terbentuknya ekosistem dapat dikenali dua cara pembentukan ekosistem di alam semesta ini yakni ekosistem yang terbentuk secara alamiah dan ekosistem yang sengaja dibuat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar