Sabtu, 07 Januari 2012

Mengidentifikasi Komponen Ekosistem


Mengidentifikasi Komponen Ekosistem
Organisme hidup dan tak hidup sulit dipisahkan satu sama lain; saling berinteraksi untuk mencapai keseimbangan hidup. Proses interaksi ini akan menghasilkan aliran energy dan makanan. Aliran energi dan makanan ini memungkinkan terjadinya siklus mineral yang terjalin dalam satu system yang dinamakan ekosistem yang juga lazim disebut tata lingkungan.
Ekosistem disebut juga tata  lingkungan. Ekosistem terdiri dari berbagai unsure yang membentuk tata lingkungan. Komponen ekosistem yang dikenal di ala mini adalah komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik adalah komponen materi yang tergolong tak hidup. Komponen abiotik pada umunya bersifat fisik dan kimiawi. Termasuk komponen abiotik ini antara lain iklim, senyawa anorganik, dan senyawa organik.
Komponen biotik disebut juga komponen makhluk hidup yakni komponen yang melibatkan jasad hidup. Jasad hidup digolongkan lagi ke dalam komponen hidup yang berderajat rendah dan berderajat tinggi. Komponen biotik juga dapat digolongkan menjadi dua kelompok yakni kelompok autotrofik dan heterotrofik. Kelompok autotrofik adalah kelompok makanannya.  Kelompok ini disebut juga kelompok produsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar